Membuat umpan dengan Lumut

Lumut adalah jenis makanan yang sangat disukai oleh ikan mujahir.  Jenis lumutnya adalah lumut hijau.  Lumut Hijau tumbuh di area persawahan, Sungai, dan kolam kolam.  Kalau lumutnya tebal, banyak, kita tidak susah mengambilnya, tapi kalau lumutnya sedikit, berpencar pencar, kita harus menggunakan seser penyaring untuk mengambilnya.  Terus , bagaimana caranya kita menempatkan lumut pada mata kail ?. ikuti caranya   :

1.  Tarulah lumut di dalam ember kecil atau mangkok  yang berisi air.

2.  Pegang Mata kail dan senarnya dengan kedua tangan, maksudnya, tangan yang satu memegang mata kail , yang satunya lagi memegang senar,  celupkan ke dalam wadah lumut tadi, putar tangan yang memegang mata kail hingga lumut membelit senar.

3.  Angkat tangan yang memegang senar dan lepas tangan yang memegang mata kail, geser lumut yang membelit senar hingga membetuk gumpalan di mata kail. atur besar kecilnya gumpalan sesuai keinginan kita.

Nah kita siap melempar pancing kita dengan mengguankan umpan lumut.  Jangan lupa umpan lumut harus terapung di permukaan air, sehingga pancing kita harus menggunakan pelampung.

Pengalamanku  menggunakan lumut sangat berkesan.  Pada waktu itu belum ada teman teman mancing yang menggunakan umpan lumut.  kami  kebingungan dan hampir putus asa ketika kami mancing di sebuah kolam yang ikan mujahirnya besar besar, tapi tidak ada yang mau memangsa berbagai jenis umpan yang kami buat.  Padahal kami sudah membayar Rp. 25.000 tiap orang, pada pemilik kolam, dan kami diberi waktu sehari untuk mancing disitu.  ” Waduh rugi besar kita mas,”  temanku mengeluh.  padahal sudah tengah hari waktu itu.  Aku ingat kata salah seorang teman mancing pernah bilang kalau Lumut sangat bagus untuk mancing ikan mujahir, tapi belum pernah kupraktekan.  Bergegas aku menuju ke area persawahan di dekat kolam sambil membawa seser.  Menyusuri pematang sawah kucari lumut di sepanjang tepian pematang.  Lumayan, aku mendapat beberapa gumpal lumut hijau .  Hasilnya luar biasa dan menakjubkan.  tak dapat kubayangkan betapa gembiranya aku waktu itu.  Ikan ikan mujahir yang besar besar berebut memakan umpanku.  setiap menit aku menarik ikan mujahir yang berukuran besar.  rata rata 5 – 6 ons se ekor.  Teman teman terheran heran melihatku.  Juga pemilik kolam , mukanya menjadi masam melihat keranjang  ikanku hampir penuh.  6 orang  temanku segera berhamburan ke sawah meniru apa yang kulakukan.  Saat sore menjelang, kami pulang dengan hasil yang cukup lumayan.  Aku memperoleh hampir 25 Kg ikan mujahir besar besar.  Teman teman yang lain juga ikut senang dengan perolehan masing masing walau tidak sebanyak yang kudapat.

Teman teman Penasaran ?, coba saja.  Bagi yang masih belum jelas caranya boleh tanya lewat coment.  Selamat mencoba.

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Komentar

  • Dodi kurnia  On April 1, 2013 at 6:06 am

    Pewangi/perangsang yg jitu buat campuran lumut apaan bos???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: