Memilih Lokasi Mancing ikan air tawar

Memilih Lokasi mancing yang saya maksudkan adalah Lokasi mancing ikan air tawar yang bukan peliharaan, atau bukan di Kolam kolam Pemancingan.  Bagi para pemancing biasanya sudah hapal dengan lokasi lokasi mancing tersebut.  Disini akan saya beritahu buat yang mungkin kebetulan dekat dengan lokasi, atau sengaja berekreasi   :

1.  Mancing di Sungai Cibeureum

Sungai Cibeureum adalah sungai yang tergolong lumayan besar, bermuara di Laut Cilacap.  Banyak sekali anakan sungai Cibeureum  melilit , mengelilingi hutan Mangrof, menuju ke belahan  Cilacap sebelah utara dengan kondisi sungai yang semakin kecil dan menyempit.

Mancing tawes dengan batang lilin

Ikan tawes adalah ikan yang cepat besar,  Dagingnya agak lembek, banyak duri duri di dagingnya, jadi aku sendiri kurang suka dengan ikan tawes.  Pernah suatu kali aku makan lauk ikan tawes, duri na nyangkut di tenggorokan, seharian aku tersiksa menahan rasa nyeri di tenggorokanku.  Tapi untuk ikan tawes yang berukuran besar, enak juga kalau di masak pake Sambal tomat. Baca lebih lanjut

Payung buat Mancing

Payung adalah alat kelengkapan mancing juga.  Dengan payung semakin membuat mancing  kita merasa nyaman karena terhindar dari panas terik matahari ataupun hujan.  Bagaimana kita memilih payung yang cocok buat mancing ?, sebenarnya sih payung  apa aja bisa, tapi kita juga harus memilih payung yang praktis buat kelengkapan mancing kita.  Ini tips dari saya     :  Baca lebih lanjut

Dingklik mancing

Buat lebih nyaman , bisa duduk enak sambil nunggu joran ditarik ikan, kita butuh tempat duduk.  Kalau bisa sih sofa di rumah di angkut biar bisa sambil tiduran , hehehe… , Kalau kita mancing di tempat yang jauh, butuh tempat duduk yang praktis, enak di kemas dalam tas, tidak justru malah merepotkan saat dibawa. Saat ini sudah banyak tersedia tempat duduk lipat buat mancing.

Tips saya untuk mencari tempat duduk buat mancing adalah   :

1.   Bahan terbuat dari bahan yang tidak menyerap air, kalau bisa yang kedap air. Baca lebih lanjut

Mancing dengan Bom dedak

Mancing berbayar sering dilakukan oleh para pemilik kolam di tempatku.  Caranya, Pemancing membayar sejumlah uang untuk satu hari dari pagi hingga sore dengan aturan aturan tertentu dari pemilik kolam, misalnya seorang pemancing tidak boleh menggunakan pancing lebih dari 3 joran, tidak boleh di bantu orang lain dll.  Ikan yang didapat mutlak menjadi milik si pemancing.  Terus apa hubungannya dengan judul diatas ?,  Bom dedak adalah strategi

seorang pemancing bila banyak saingan pemancing lain di satu kolam.  Anda bisa menggunakan strategi ini suatu saat.  Tapi hati hati, karena banyak teman mancing yang lain menjadi tidak  senang dengan apa yang kita lakukan, atau meniru apa yang kita lakukan.   Baca lebih lanjut

Umpan dari Kroto

Kroto atau anakan semut rangrang biasanya buat makanan burung.  Tapi bisa juga buat mancing.  Emang pancingnya seberapa kok pake kroto  ?,.  Kalau untuk mancing ikan betok atau ikan sepat  biasanya kroto di campur dengan getah nangka atau getah karet yang di kukus.  Tapi kalau untuk mancing ikan yang besar seperti mujahir, ekan emas , ikan bawal atau lele ,  kroto cukup di ulet , ( di campur terus diaduk ) dengan   Pelet.  Berikut saya sajikan cara bikin umpan dengan kroto untuk ikan di kolam atau empang.   Baca lebih lanjut

Umpan ikan Bawal

Ikan bawal termasuk ikan buas, apa saja di makan.  Paling senang makan colek, tapi kadang pada jijik ya kalau bikin umpan colek.  Ada yang seneng pakai usus ayam, potongan daging sapi, Daging katak,  pokoknya macem macem.  Yang jelas buat mancing ikan bawal banyak ragamnya.  Sisa daging anak habis disunat mungkin bisa juga ya buat mancing bawal, hehe.. , Baca lebih lanjut

Membuat umpan dari pelet

Umpan pelet ( Pakan ikan di kolam ) biasanya untuk memancing ikan di kolam kolam, karena ikan terbiasa makan pelet.  Dalam perlumbaan mancing di kolam kolam , umpan pelet sering digunakan.  Masing masing Pemancing meramu pelet dengan bahan lain sesuai dengan selera mereka.  Ada yang menggunakan campuran telur, campuran terigu, tepung kanji, Roti , susu dll.  Berikut saya buatkan ramuan pelet untuk mancing ikan Emas. Baca lebih lanjut

Opyok Sidat

Sidat, atau belut bertelinga , berwarna agak putih berlendir yang menimbulkan bau amis bukan kepalang, tapi rasanya luarrr biasa.  Harganyapun selangit , hampir sama dengan ikan gurami.  Beratnya bisa mencapai 20 Kg , yang segede ini tidak di panggil sidat lagi tapi di sebut pelus.  Sungai cibereum , dimana aku sering mancing, yaitu sungai di Cilacap, adalah tempat bermukim habitat sidat. Baca lebih lanjut

Joran Spinning

Joran spinning yang saya maksudkan adalah jenis Joran yang menggunakan rel spinning. Spinning dipasang pada sebuah dudukan di pangkal joran  untuk melepas menarik, melempar umpan, dan mengendalikan   senarnya.   Joran inilah yang lazim dan umum  di gunakan oleh para hobbies mancing.  Berbagai macam bentuk , ukuran, model, merk  dan harga dari joran ini.   Harga sebuah joran pancing dari ratusan ribu sampai puluhan juta rupiah.  Lebih jauh tentang Joran ini marilah kita kupas satu satu   : Baca lebih lanjut

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.